Nephorology
Mengenal Apa itu Konsultasi Nefrologi

Mengenal Apa itu Konsultasi Nefrologi

Mengenal Apa itu Konsultasi Nefrologi, Nefrologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan penyakit ginjal, yang memanfaatkan jaringan kompleks pembuluh darah, tabung, dan tubulus yang bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah dalam tubuh. Kerusakan atau disfungsi salah satu bagian ini dapat menyebabkan masalah ginjal.

Siapa yang Harus Menjalani & Apa Hasil yang Diharapkan

Menurut nefrouruguay.com Konsultasi nefrologi direkomendasikan untuk pasien yang memiliki atau diduga memiliki kondisi berikut:

  • Gangguan cairan dan elektrolit
  • Batu ginjal
  • Gangguan asam basa
  • Penyakit tubulointerstisial
  • Penyakit glomerulus
  • Gangguan metabolisme mineral
  • Gagal ginjal akut dan kronis
  • Penyakit ginjal akut dan kronis
  • Penyakit ginjal stadium akhir dan dialisis
    Selama konsultasi, ahli nefrologi akan melakukan penilaian menyeluruh untuk menentukan apakah pasien berisiko terkena penyakit ginjal. Jika pasien sebelumnya telah didiagnosis dengan masalah ginjal, konsultasi akan berfokus pada pengembangan rencana perawatan serta mencegah atau mengurangi risiko terkait.

Baca Juga : Mengenal American Society of Nephrology

Bagaimana Prosedur Bekerja?

Konsultasi nefrologi dimulai sama seperti pertemuan dokter lainnya. Ahli nefrologi akan meninjau riwayat kesehatan Anda, mungkin mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk klarifikasi dan melakukan pemeriksaan fisik lengkap. Setelah mendapatkan informasi spesifik seperti berat badan dan tekanan darah untuk referensi, dokter akan memesan tes urin dan darah untuk menilai kesehatan ginjal Anda.

Sebagai persiapan untuk konsultasi, pasien disarankan untuk membawa dokumen medis berikut yang akan memberikan riwayat penyakit yang lebih mendalam kepada dokter. Ini membantu memastikan keakuratan diagnosis.

  • Daftar obat yang diperbarui
  • Hasil tes laboratorium
  • Laporan radiologi (CT scanUSG , dll)
  • Setiap program nutrisi khusus atau perencanaan diet yang Anda ikuti
  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter Anda
    Saat mendiskusikan kesehatan Anda dengan dokter Anda, bersikaplah terbuka dan sejujur ​​mungkin. Mengungkapkan informasi lain yang biasanya tidak termasuk dalam laporan, seperti jika Anda telah merokok tetapi telah berhenti, kecenderungan Anda untuk melewatkan atau lupa minum obat tepat waktu, atau pemanjaan alkohol yang telah Anda alami, karena ini akan membantu dengan baik dan akurat menilai kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk mendiagnosis kondisi ginjal apa pun, ahli nefrologi memeriksa kadar kreatinin dan BUN (nitrogen urea darah). Mereka juga mengandalkan GFR atau Laju Filtrasi Glomerulus untuk mengklasifikasikan tingkat penyakit ginjal kronis. GFR lebih dari 90mls/min/1.73m2 merupakan indikasi fungsi ginjal normal. Dari angka dasar ini, dan jika ada faktor mitigasi tambahan, ahli nefrologi dapat mulai menentukan bagaimana harga pasien sehubungan dengan penyakit ginjal kronis.

Tergantung pada sejauh mana kondisi pasien, konsultasi nefrologi dapat berupa:

  • Nefrologi umum konsultatif – Komplikasi ginjal yang timbul dari kondisi lain dapat dirujuk ke ahli nefrologi untuk penanganan dan pengobatan.
  • Penatalaksanaan penyakit ginjal kronis – Ketika seorang pasien didiagnosis menderita penyakit ginjal kronis (PGK), terlepas dari stadiumnya, pasien akan secara otomatis memerlukan pemantauan yang konstan dan teratur untuk mengurangi komplikasi dan memperlambat perkembangan kondisi yang dapat menyebabkan ginjal lengkap. kegagalan. Konsultasi dijadwalkan setiap tiga hingga enam bulan dan melibatkan penyesuaian perawatan dan pengobatan berdasarkan hasil saat ini.
  • Pengobatan penyakit ginjal stadium akhir – Dalam kasus seperti ini, dialisis sering menjadi bagian dari pengobatan untuk mempertahankan fungsi ginjal. Ahli nefrologi bekerja dengan tim untuk memberikan perawatan dialisis terbaik dan jika memungkinkan, memungkinkan kemungkinan transplantasi ginjal sedini mungkin.
  • Perawatan jangka panjang setelah transplantasi ginjal – Ketika seorang pasien menjalani transplantasi ginjal , konsultasi nephrologist menjadi tak terelakkan. Dokter harus memantau dengan cermat perilaku ginjal baru serta bagaimana tubuh bereaksi terhadapnya dan harus siap untuk menyesuaikan protokol perawatan seperlunya.

Baca Juga : Bagaimana Pengobatan Kanker Kronis?

Kemungkinan Komplikasi dan Risiko

Konsultasi nefrologi itu sendiri aman. Sebenarnya, ini bermanfaat karena semakin dini masalah didiagnosis, semakin tinggi kemungkinan masalah ginjal teratasi dan risiko yang menyertai penyakit diminimalkan. Namun, tes dan prosedur tertentu yang mungkin dilakukan selama konsultasi membawa beberapa risiko dan komplikasi, yang akan didiskusikan oleh ahli nefrologi kepada pasien sebelum dimulai.